bitcoin

MEKANISME PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN


A.     PERMINTAAN

1.      Skedul dan Kurva Permintaan

Permintaan dalam pengertian ilmu ekonomi didefinisikan sebagai skedul, kurva, atau fungsi yang menunjukkan berbagai jumlah suatu produk yang para kinsumen ingin dan mampu membeli pada berbagai tingkat harga yang mungkin selama periode waktu tertentu. Jadi, permintaan menunjukkan hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta.

Kurva permintaan menggambarkan hubungan terbalik antara harga dengan kuantitas barang yang diminta. Kurva ini berbentuk menurun dari kiri atas ke kanan bawah seperti nampak pada gambar berikut ini, skedul permintaan yang tercermin pada table 2.1 sesuai dengan kebiasaan yang umumnya dijumpai, pada sumbu tegak dituliskan harga sedangkan pada sumbu mendatar dituliskan kuantitas yang diminta.

Skedul dan kurva permintaan menyajikan hal yang sama dengan tabel, namun dengan penyajian kurva nampak lebih sederhana dan jelas hubungan antara dua variabel tersebut dari pada penyajian dengan tabel ataupun penjelasan secara verbal.

2.      Hukum Permintaan
Hubungan terbalik antara harga barang dan jumlah yang diminta disebut hokum permintaan. Semakin tinggi harga maka semakin sedikit kuantitas barangnya yang dibeli dan sebaliknya bila harga barang tersebut semakin rendah. Jadi harga rendah mendorong konsumen membeli lebih banyak sedangkan harga lebih tinggi mencegahnya membeli dan karena itu membelinya lebih sedikit.
3.      Permintaan Individual dan Pemintaan Pasar.
Skedul permintaan pasar diperoleh dengan menjumlahkan kuantitas yang diminta oleh semua konsumen individual pada berbagai tindak harga. Kurva permintaan pasar dapat digambarkan dengan menggambarkan terlebih dahulu kurva permintaan masing-masing konsumen individual, lalu jumlahkan secara horizontal kuantitas yang diminta oleh masing-masing konsumen individual, seperti pada gambar 2.2
Pada contoh tersebut dikemukakan cara memperoleh kurva permintaan pasar bila hanya ada tiga konsumen individual saja. Dalam kenyataan terdapat banyak sekali konsumen individual di pasar dan prosedur yang serupa bisa dijalankan. Contoh adanya tiga konsumen saja merupakan upaya penyederhanaan masalah.
4.      Faktor-faktor yang Menentukan Permintaan.
Banyak faktor yang menetukan permintaan, salah satu yang terpenting adalah harga barang itu sendiri.
D = f(S, PS, P1, Y,B,K)
D adalah permintaan akan suatu barang yang merupakan fungsi dari S yaitu selera konsumen akan barang tersebut, PS adalah harga barang itu sendiri, P1 adalah harga barang-barang lain baik merupakan barang pelengkap maupun barang pengganti, Y adalah pendapatan konsumen, B adalah banyaknya konsumen di pasar dan K adalah ekspektasi atau perkiraan konsumen akan harga-harga barang dan pendapatanya dimasa depan. Faktor-faktor selain harga yang mempengaruhi permintaan,
a.       Selera. Selera konsumen terhadapa suatu barang mungkin berupa.
b.      Banyaknya konsumen pembeli. Bial volume pembelian oleh masing-masing konsumen sama maka kenaikan jumlah konsumen di pasar yang diakibatkan oleh perbaikan sarana transportasi dan komunikasi atau karena pertambahan penduduk menyebabkan kenaikan permintaan dan menggeser kurvanya ke kanan. Tabel 2.2 menunjukkan permintaan individual dan permintaan pasar terhadap jeruk dengan 150 konsumen dan 200 konsumen. Coba gambarkan kurva-kurva permintaan pasar dengan 150 pembeli dan 200 pembeli, akan terlihat pergeseran kurva permintaan, yang berarti permintaan naik bial konsumen bertambah dan sebaliknya permintaan turun jika jumlahnya konsumen pembeli berkurang.
c.       Pendapatan konsumen pengaruh perubahan pendapatan terhadap permintaan agak sedikit kompleks karena efeknya mempunyai 2 kemungkinan.
d.      Harga barang-barang lain yang bersangkutan. Barang-barang lain yang bersangkutan bisa merupakan barang substitusi (pengganti) atau barang komplementer (pelengkap) atau barang lain yang tak ada hubunganya.
e.       Ekspektasi. Ekspektasi para konsumen bahwa harga-harga akan dimasa depan mungkin menyebabkan mereka membelinya sekarang untuk menghindari kemungkinan kerugian akibat kenaikan harga.
5.      Perubahan Permintaan dan Jumlah yang Diminta.
Perubahan permintaan terjadi bila ada keinginan dan kemampuan untuk membeli suatu barang pada setiap tingkat harga barang. Hal ini tercermin pada pergeseran kurva permintaan ke kiri atau ke kanan yang disebabkan oleh perubahan determinan-determinan permintaan selain harga barang itu sendiri, yaitu perubahan selera, pendapatan, harga barang-barang lain yang bersangkutan, dan perkiraan harga serta pendapatan konsumen dimasa depan.
Pergeseran ke kanan atau ke kiri kurva permintaan nampak pada kurva-kurva permintaan pada gambar 2.3. perubahan permintaan yang telah diuraikan sebelumnya berbeda dengan perubahan jumlah yang diminta. Yang pertama terjadi bila ada pergeseran kurva permintaan atau seluruh skedul permintaan berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar