A.
PERMINTAAN
1.
Skedul dan
Kurva Permintaan
Permintaan dalam pengertian ilmu ekonomi didefinisikan sebagai
skedul, kurva, atau fungsi yang menunjukkan berbagai jumlah suatu produk yang
para kinsumen ingin dan mampu membeli pada berbagai tingkat harga yang mungkin
selama periode waktu tertentu. Jadi, permintaan menunjukkan hubungan antara
harga dan jumlah barang yang diminta.
Kurva permintaan menggambarkan hubungan terbalik antara harga
dengan kuantitas barang yang diminta. Kurva ini berbentuk menurun dari kiri
atas ke kanan bawah seperti nampak pada gambar berikut ini, skedul permintaan
yang tercermin pada table 2.1 sesuai dengan kebiasaan yang umumnya dijumpai,
pada sumbu tegak dituliskan harga sedangkan pada sumbu mendatar dituliskan
kuantitas yang diminta.
Skedul dan kurva permintaan menyajikan hal yang sama dengan tabel,
namun dengan penyajian kurva nampak lebih sederhana dan jelas hubungan antara
dua variabel tersebut dari pada penyajian dengan tabel ataupun penjelasan
secara verbal.
2.
Hukum
Permintaan
Hubungan terbalik antara harga barang dan jumlah yang diminta
disebut hokum permintaan. Semakin tinggi harga maka semakin sedikit kuantitas
barangnya yang dibeli dan sebaliknya bila harga barang tersebut semakin rendah.
Jadi harga rendah mendorong konsumen membeli lebih banyak sedangkan harga lebih
tinggi mencegahnya membeli dan karena itu membelinya lebih sedikit.
3.
Permintaan Individual dan Pemintaan Pasar.
Skedul permintaan pasar diperoleh dengan
menjumlahkan kuantitas yang diminta oleh semua konsumen individual pada
berbagai tindak harga. Kurva permintaan pasar dapat digambarkan dengan
menggambarkan terlebih dahulu kurva permintaan masing-masing konsumen individual,
lalu jumlahkan secara horizontal kuantitas yang diminta oleh masing-masing
konsumen individual, seperti pada gambar 2.2
Pada contoh tersebut dikemukakan cara
memperoleh kurva permintaan pasar bila hanya ada tiga konsumen individual saja.
Dalam kenyataan terdapat banyak sekali konsumen individual di pasar dan
prosedur yang serupa bisa dijalankan. Contoh adanya tiga konsumen saja
merupakan upaya penyederhanaan masalah.
4.
Faktor-faktor yang Menentukan Permintaan.
Banyak faktor yang menetukan permintaan, salah
satu yang terpenting adalah harga barang itu sendiri.
D = f(S, PS, P1, Y,B,K)
D adalah permintaan akan suatu barang yang
merupakan fungsi dari S yaitu selera konsumen akan barang tersebut, PS
adalah harga barang itu sendiri, P1 adalah harga barang-barang lain
baik merupakan barang pelengkap maupun barang pengganti, Y adalah pendapatan
konsumen, B adalah banyaknya konsumen di pasar dan K adalah ekspektasi atau
perkiraan konsumen akan harga-harga barang dan pendapatanya dimasa depan. Faktor-faktor
selain harga yang mempengaruhi permintaan,
a.
Selera. Selera
konsumen terhadapa suatu barang mungkin berupa.
b.
Banyaknya
konsumen pembeli. Bial volume pembelian oleh masing-masing konsumen sama maka
kenaikan jumlah konsumen di pasar yang diakibatkan oleh perbaikan sarana
transportasi dan komunikasi atau karena pertambahan penduduk menyebabkan
kenaikan permintaan dan menggeser kurvanya ke kanan. Tabel 2.2 menunjukkan
permintaan individual dan permintaan pasar terhadap jeruk dengan 150 konsumen
dan 200 konsumen. Coba gambarkan kurva-kurva permintaan pasar dengan 150
pembeli dan 200 pembeli, akan terlihat pergeseran kurva permintaan, yang
berarti permintaan naik bial konsumen bertambah dan sebaliknya permintaan turun
jika jumlahnya konsumen pembeli berkurang.
c.
Pendapatan
konsumen pengaruh perubahan pendapatan terhadap permintaan agak sedikit
kompleks karena efeknya mempunyai 2 kemungkinan.
d.
Harga
barang-barang lain yang bersangkutan. Barang-barang lain yang bersangkutan bisa
merupakan barang substitusi (pengganti) atau barang komplementer (pelengkap)
atau barang lain yang tak ada hubunganya.
e.
Ekspektasi.
Ekspektasi para konsumen bahwa harga-harga akan dimasa depan mungkin
menyebabkan mereka membelinya sekarang untuk menghindari kemungkinan kerugian
akibat kenaikan harga.
5.
Perubahan Permintaan dan Jumlah yang Diminta.
Perubahan permintaan terjadi bila ada keinginan dan
kemampuan untuk membeli suatu barang pada setiap tingkat harga barang. Hal ini
tercermin pada pergeseran kurva permintaan ke kiri atau ke kanan yang
disebabkan oleh perubahan determinan-determinan permintaan selain harga barang
itu sendiri, yaitu perubahan selera, pendapatan, harga barang-barang lain yang
bersangkutan, dan perkiraan harga serta pendapatan konsumen dimasa depan.
Pergeseran ke kanan atau ke kiri kurva permintaan nampak pada kurva-kurva
permintaan pada gambar 2.3. perubahan permintaan yang telah diuraikan
sebelumnya berbeda dengan perubahan jumlah yang diminta. Yang pertama terjadi
bila ada pergeseran kurva permintaan atau seluruh skedul permintaan berubah.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar