PEMILIHAN ILMU AGAMA DAN ILMU UMUM
ILMU
AGAMA DAN ILMU UMUM
Di masyarakat
kini dikenal penanaman terhadap pengatahuan,ada pengetahuan agama dan
umum,pembagian tersebut hendaknya di pahami dalamari pemilahan bukan
pemisahan.pemilahan menunjukkan adanya jenis yang berbeda bukan menunjukkan dua
jenis yang terpisah tanpa tititk temu apalagi bertentangan.namun yang terjadi
di Indonesia adalah pemilahan yang sangat tajam,terjadi pemilaham atau
penggolongan pengetahuan,ilmu dan pendidikan yang lainnya
Sejak zaman klasik sudah terdapat pemilihan ilmu
menjadi ilmu umum dan agama. Kedua jenis itu bersumber dari yang Maha Berilmu
yakni Allah.
Al –Ghazali menggolongkan ilmu menjadi
ilmu syar’iyyah
(agama) dan ilmu Ghair syar’iyyah (umum).bagi umat islam mempelajari ilmu
Syar’iyyah hukumnya Fardu A’in sedangkan mempelajariilmu Ghair Syar’iyyah Fardlu
kifayah.berbeda dengan Al- Ghazali,Ibnu Khaldun menggunakan istilah
ilmu naqliyah
dan aqliyah.
Pada perkembanngan nya ilmu-ilmu umum menjadi terpisah dari ilmu-ilmu
agama,bahkan terjadi pemilahan yang ketat oleh seolah-olah antara ilmu-ilmu
agama dan ilmu-ilmu umum tidak dapat disatukan.kini lembaga-lembaga formal
Indonesia tengah berupaya untuk menyatukan kembali kedua jenis ilmu tersebut.
PEMBIDANGAN ILMU AGAMA ISLAM
KETETAPAN DEPARTEMEN AGAMA
Setelah melakukan pembahasan antara Departemen
agama, akhirnya ditetapkan pembidangan ilmu agama Islam setelah mendapat
pengakuan dari LIPI,maka ditetapkanlah melalui keputusan Menteri Agama No 110
Tahun 1982,ilmu agama islam dikelompokkan menjadi delapan bidang terdiri dari
beberapa disiplin ilmu sebagai berikut :
TABEL
1
Pembidangan
Ilmu Agama
|
No
|
Bidang Ilmu
|
Disiplin Ilmu
|
|
1
|
Qur’an dan Hadist
|
1. Ulumul Quran
2.Ulumul Hadist
|
|
2
|
Pemikiran dalam islam
|
1. Ilmu kalam
2.Falsafat
3.Tasawuf
4.Ilmu falak
|
|
3
|
Fiqh (hukum Islam)
|
1. Fiqih islam
2.Ushul fiqh
3.Pranata social
4.Ilmu Falak
|
|
4
|
Sejarah dan peradaban Islam
|
1.Sejarah Islam
2.Peradaban Islam
|
|
5
|
Bahasa
|
1.Bahasa Arab
2.Sastra Arab
|
|
6
|
Tarbiyah al-islamiyah (pendidikan
Islam)
|
1. Pendidikan dan pengajaran islam
2.
Ilmu nafsil islamyah
|
|
7
|
Dakwah Islamiyah
|
1.
Dakwah
2.Perbandingan Agama
|
|
8
|
Perkembangan pemikiran modern di Dunia
Islam
|
1.Hukum
2.Polittik
3.Social
4.ekonomi
|
Zaman semakin berkembang dan berubah,
dengan perubahan yang begitu cepat ilmu pengetahuanpun mengalami perubahan.
Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Hadits,ajaranya dapat dirinci menjadi
beberapa aspek.dalam perkembangan kajiannya telah melahirkan berbagai bidang
ilmu agama Islam.adapun pembidangan yang dimaksud adalah seprti yang tertulis
diatas tadi.
KARAKTER AJARAN ISLAM
Ajaran Islam memiliki karakteristik
tersendiri,yakni yang menjadi ciri khas dari ajaran Islam. Islam yang memiliki
sifat dan bentuk yang beragam,kenyataan tersebut memperlihatkan adanya dinamika
internal dari kalangan umat islam untuk menerjemahkan islam dalam upaya
merespon berbagai masalah umat yang mendesak.titik tolak dan tujuan mereka
sama,yaitu untuk menunjukkan kontribusi Isalm sebagai salah satu alternative
dalam memecahkan berbagai masalahyang dihadapi umat Islam.dari berbagai
kepustakaan tentang Islam yang ditulis para tokoh tersebut di atas dapat
diketahui bahwa Islam memiliki ciri khas yang dapat dikenali melalui
konsepsinya dalam berbagai bidang seperti bidang agama,ibadah,muamalh yang
didalamnya termasuk masalah pendidikan,ilmu pengetahuan, kebudayaan, social,
ekonomi, politik, kehidupan, lingkungan hidup,kesejahteraan dan pekerjaan.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar