bitcoin

KONSEP DASAR PERKEMBANGAN



A.    PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PERKEMBANGAN
Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang progres dan berkelanjutan dalm diri masing-masing dari mulai dia lahir sampai akhir hayatnya. Perubahan yang dialami manusia menuju tingkat kedewasaannyaberlangsung secara sistematis (progressitas dalam perkembangan itu bersifat saling mempengaruhi antara bagian-bagian tubuh), progresif (progressitas yang bersifat maju, meningkat, meluas baik secara fifik maupun rasio, seperti halnya perubahan anak dari yang pendek menjadi tinggi, dan dari kecil menjadi besar, dan perubahan tingkat kecerdasan otak yang dari paling mudah ke yang sulit, mampu membaca, menulis dan menggambar), dan berkesinambungan (perkembangan pada bagian tubuh berlangsung secara berurutan, contohnya agar dapat berdiri anak harus bisa menguasai tahapan sebelumnya seperti duduk dan merangkak). Perkembangan tersebut dibagi menjadi dua yaitu perkembangan fisik : perubahan tinggi berat badan, postur tubuh, besar kecil dan bagian tubuh-tubuh lainnya. Perkembangan psikis : perubahan pola pikir bagaimana anak bisa mengingat, berkreasi dan berimajinasi sesuai kemauan mereka.

B.     PRINSIP PRINSIP PERKEMBANGAN
Yang namanya perkembangan tidak akan pernah berhenti. Manusia akan terus berkembang dan berubah yang di pengaruhi oleh pergaulan, lingkungan, pengalaman dan pembelajaran semasa hidupnya, perkembaangan tersebut akan terus berjalan sampai masa tuanya. Semua perkembangan individu baik fisik maupun emosi itu saling mempengaruhi satu sama lain. Seperti halnya seorang anak jika  mengalami gangguan fisiknya atau sering sakit, maka dia akan mengalami kelemahan dalam perkembangan kecerdasaan dan pertumbuhan fisiknya. Dalam semua aspek perkembangan baik fisik maupun psikis, respons anak pada awalnya bersifat umum. Seperti : bayi menendang kakinya secara sembarang sebelum dia bisa berjalan dan melompat lompat, bayi mengoceh dahulu sebelum sebelum ia bisa berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar, bayi melihat benda yang lebih besar dahulu gar bisa selalu di ingat baru benda yang kecil, bayi merasa takutu apabila melihat suatu benda atau orang yang tidak pernah dia kenal sama sekali. Perkembangan tersebut berlangsung secara konkret ke abstark. Seperti anak kecil berhitung menggunakan jari tangan sedangkan anak remaja sudah tidak lagi memnggunakan bantuan.

C.    FASE-FASE PERKEMBANGAN
Dapat dimaknakan sebuah perjalanan kehidupan yang di hiasi dengan karakteristik tertentu. Pendapat tersebut dapat di golongkan menjadi tiga : biologis, didaktis, psikologis.
Dalam proses belajar mengajar atau di duni pendidikan, perkembangan yang digunakan alangkah baiknya yang bersifat elektif, agar supaya anak didik tidak terpaku pada suautu pendapat saja tetapi bersifat global untuk mempunyai hubunangan yang erat. Berdasarkan pendirian tersebut masa kematanagan itu dapat di deskripsikan sebagai berikut :

Masa usia pra sekolah                                                             : 0,0 -  6,0
Masa usia sekolah dasar                                                          : 6,0 -  12,0
Masa usia sekolah menengah                                                  : 12,0 – 18,0

Masa usia mahasiswa                                                              : 18,0 – 25,0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar