A. PENGERTIAN DAN
SUMBER TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
Tugas perkembangan adalah tugas yang yang keluar
dari bulan perbulan dan dari tahun ketahun dari kehidupan mereka masing-masing,
dan apabila tugas-tugas tersebut dapat dilakukan dengan benar maka akan
menghasilkan suatu kebahagiaan dan kesuksesan untuk melanjutkan tugas-tugas
selanjutnya, namun apabila gagal maka akan menghasilkan ketidakbahagiaan pada
dirinya. Karena tugas-tugas tersebut sangat berkaitan dengan pergaulan,
persekolahan, pekerjaan, keagamaan dll.
Tugas-tugas perkembangan bersumber dari kematangan
fisik, masyarakat kultural, cita-cita individu, norma agama.
B. TUGAS-TUGAS
PERKEMBANGAN PADA SETIAP FASE PERKEMBANGAN
v Tugas-tugas
perkembangan pada usia bayi dan kanak-kanak (0,0-6,0)
·
Belajar berjalan
di usia 9 sampai 15 bulan
·
Belajar memakan
makanan yang padat di usia 2 tahun
·
Belajar
berkomunikasi
·
Belajar buang
air kecil dan buang air besar di usia 4 tahun
·
Belajar mengenal
perbedaan jenis kelamin
·
Mencapai kestabilan
jasmaniah fisiologis
·
Membentuk
konsep-konsep (pengertian) sederhana kenyataan sosial dan alam
·
Belajar
mengadakan hubungan emosional dengan orang tua, saudara dan orang lain.
(maksudnya apakah dia bersikap bersahabat, bersikap dingin dll)
·
Belajar
mengadakan hubungan baik dan buruk
v Tugas-tugas
perkembangan pada masa sekolah (6,0 – 12,0)
·
Belajar
memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan
·
Belajar
membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis. (
untuk bisa memelihara badan, kebersihan, keselamatan diri dan kesehatan)
·
Belajar bergaul
dengan teman-teman sebaya.
·
Belajar
memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya.
·
Belajar
ketrampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung.
·
Belajar
mengembangkan konsep sehari-hari
·
Mengembangkan
kata hati. (bisa membedakan mana yang baik dan buruk)
·
Belajar
memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi. (bisa melakukan suatu tugas tanpa
bantuan dari orang lain)
·
Mengembangkan
sikap yang positif terhadap kelompok sosial dan lembaga-lembaga. (bisa
menghargai hak orang lain, mempunyai rasa tenggang rasa, toleransi)
v Tugas-tugas
perkembangan remaja
Masa
remaja di tandai dengan berkembangnya sikap yang bergantung pada orang tua ke
arah yang bekerja dengan sendirinya, minat seksualitas, identik untuk merenung
atau memperhatikan diri sendiri. Di kehidupan remaja diharapkan mampu
mempersiapkan dirinya untuk masa depan agar bisa mendapat masa depan yang
cerah, dan dia harus bisa menjawab dan memahami pertanyaan siapa saya? (who am I?) dia harus bisa memahami siapakah dirinya,
dan mau jadi apakah dirinya.
Masa
remaja akhir ditandai oleh keinginan yang sangat kuat untuk berkembang secara
matang agar dapat diterima oleh teman sebaya, masyarakat, dan orang lain. William
Kay mengemukakan tugas tugas perkembangan remaja itu sebagai berikut :
·
Menerima
fisiknya sendiri beriktut keragaman kualitasnya
·
Mencapai
kemandirian emosional dari orang tua
·
Mengembangkan
keterampilan cara berkomunikasi dan belajar bergaul dengan teman sebaya atau orang lain
·
Menerima dirinya
sendiri dan memiliki kepercayaan terhadap kemampuannya sendiri
·
Mampu
mengendallikan diri
·
Mampu
meninggalkan reaksi dan perilaku yang kekanak-kanakan
C. PERANAN SEKOLAH DALAM
MENGEMBANGKAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN SISWA
Sekolah
merupakan suatu lembaga pendidikan yang sangat formal melaksanakan program
bimbingan, pendidikan, pengajaran. Di dalam sekolah mempunyai tanggung jawab
yang penting dalam membantu anak didiknya mencapai tugas perkembangannya. Maka
dari itu sekolah seharusnya mencipyakan situasi yang kondusif atau memberikan
fasilitas untuk mencapai tugas perkembangannya.
v Pencapaian
tugas perkembangan melalui kelompok teman sebaya
teman
sebaya atau karib merupakan peranan penting bagi remaja. Karena teman tersebut
yang bisa menjadi cermin bagi dirinya dalam pergaulan dibandingkan orangtua dan
guru. Didalam masyarakat sering terjadi perselisihan atau kesalah pahaman
terhadap kelompok sebaya remaja dengan orang tua, guru, dan orang lain.
v Mencapai
perkembangan kemandirian pribadi
Remaja
merupakan periode perkembangan ke arah kemandirian. Untuk mencapai aspek
perkembangan ini remaja harus bisa menyelasaikan tugas-tugas perkembangan
seperti menerima keadaan fisiknya dan memanfaatkannya secara efektif, mencapai
kemandirian emosional dari orang tua atau orang dewasa, mencapai jaminan
kemandirian ekonomi, memilih dan mempersiapkan pernikahan dan hidup
berkeluarga.
v Pengembangan
keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa
Manusia
sebagai makhluk Tuhan yang mempunyai tugas suci dalam beribadah kepadaNya,
yaitu mengerjakan segala perintahNya dan meninggalkan segala larananganNya.
Ketakwaan dan keimanan dalam beribadah harus diajarkan semenjak dini, agar
dewasa nanti nilai-nilai tersebut harus bisa dipraktekan dalm kehidupan
sehari-hari. Dan didalam dunia pendidikan seorang guru agama harus memiliki
kepribadian yang patut dicontoh, sekolah menyediakan sarana ibadah, mengadakan
kegiatan yang berbau religius.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar